Beranda ARTIKEL Hukum Arisan Kurban Boleh Apa Riba?

Hukum Arisan Kurban Boleh Apa Riba?

39

Era modernisasi menjadikan seseorang semakin kreatif dalam menafsirkan segala sesuatu bahkan munculah program program baru dalam melaksanakan ibadah Sunnah, seperti Qur’ban di bulan zulhijah. Ibadah Qur’ban merupakan ibadah Sunnah Sunnah muakkad berarti ibadah yang dianjurkan dengan penekanan yang kuat atau hampir mendekati wajib. Ketentuan mengenai qurban juga tertulis dalam surat Al Quran berikut ini:
وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ
Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), “ (QS. Al-Hajj:34)

Sedangkan melakukan Arisan atau iuran berganti untuk kurban bagaimana Hukumnya? Hukumnya adalah boleh, atas dasar apa dibolehkan berdasarkan Ayat Alqur’an dibawah ini:
وَتَعَاوَنُوْا عَلَى اْلبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى اْلإِثْمِ وَاْلعُدْوَانِ
“Bertolong-tolonganlah kalian dalam melakukan kebaikan dan taqwa,
janganlah kalian bantu-membantu dalam mengerjakan dosa dan permusuhan.”
(QS. Al-Maidah: 2).
Berdasarkan Ayat Al-qur’an di atas maka kita dapat menafsirkan bahwa kita diperbolehkan tolong menolong dalam melakukan kebaikan dan ketaqwaan, hal ini menjadikan dasar diperbolehkanya dalil arisan kurban karena diqiyaskan bahwa arisan kurban ini merupakan tolong menolong dalam melakukan sunah, sama halnya kita meminjam Sarung saat melakukan sholat apakalah boleh atau tidak? Jawabanya pasti boleh, karena pasti juga dikembalikan lagi kepemiliknya. Sama halnya dengan kita Arisan sapi misalnya membentuk anggota sejumlah 28 orang berarti berati menjadi 4 kali dalam 4 tahun saling membantu selama 4 tahun.
Coba kita bayangkan jika kita tanpa arisan kurban maka akan terasa berat bagi orang yang secara finansial minus/kurang, Tetapi jika melakukan program arisan kurban maka akan terasa ringan karena saling bergantian membantu, dan pelaksaan sunah berjalan tanpa ada perbedaan orang mampu dan orang biasa secara keuangan.